Les Piano.......

28 Juli 2010

Dari dulu, malah sejak belum punya anak, saya punya cita-cita kalo anak-anak saya sedari kecil harus harus dilatih kepekaan sense of art nya.
Selain itu saya harus trial error untuk menemukan dimana sebenarnya bakatnya...
Tapi ada beberapa yang menurut saya penting, terlepas dari bakat atau tidaknya.
Menari dan musik.
Karena anak saya semua perempuan, saya bertekad mereka harus belajar menari dari kecil, menurut saya itu penting untuk olah tubuhnya dan sangat menunjang pembawaannya agar bahasa tubuhnya terlihat luwes ketika mereka dewasa nantinya.

Juga mereka harus peka terhadap musik, itu penting untuk melatih otak kanannya, biasanya akan merangsang kecerdasan, tapi jangan salah, saya tidak ingin mereka jadi artis- karena saya sangat tidak tertarik dengan gaya hidup artis yang borjuis dan hidup bebas, agak bertentangan dengan prinsip saya yang agak ortodoks.
Saya hanya pingin mereka punya selera yang bagus, di sisi lain saya gak pingin mereka jadi penggemar musik dangdut...haha... (bapaknya agak suka - ampun deh!)
Saya cekokin mereka dengan musik klasik dari kecil dan lagu-lagu anak-anak , semacam Old mc Donald, Bingo, London Bridge, Mary Had a little Lamb, etc..etc...
Semacam itulah, ditunjang ibu saya yang dulu pernah punya TK dan sering mengajarkan lagu-lagu itu ke anak-anak.
Saya sangat terbantu dengan VCD Seri "Barney" si Dinosaurus, seperti itulah yang saya inginkan, menyanyi dan mendidik dengan suasana riang gembira. Waktu Karisma kecil koleksi Barney saya sangat banyak, Kami terbiasa menyanyikan lagu- lagu lengkap dengan gayanya seperti anak-anak di film Barney

Growing...
We do it everyday
We're growing when we're sleeping and even when we play
As when we grow little older , we can do more things
Because I'm growing and so are you...
Each day we grow little taller, little bigger, not smaller...............


atau


It's a beautiful day
Wanna go out and play today
It's a beautiful day
Fun is coming my way today
Everyone is happy everytime everywhere
I can feel the sunshine, It put a smile on my face........

Percaya gak, lagu beautiful day itu sangat ampuh untuk afirmasi diri saya sendiri setiap pagi supaya selalu bahagia, pas di " I can feel the sunshine..
Sambil menengadahkan kepala agar sinar matahari menyinari muka saya dan otomatis saya akan tersenyum lebar... it put a smile on my face....

Sayangnya waktu Wita masih kecil dan kakaknya mulai besar, Karisma sudah mulai suka Barbie, Wita ikut-ikutan dan Barney pun jarang sekali diputar, tapi kadang saya masih suka nyanyikan lagunya

Dulu saya terobsesi anak- anak saya leskan piano saya bayangkan alangkah menyenangkan kalo ada dentingan piano di kala sepi, tapi belum kesampaian, tidak ada tempat les piano dekat rumah, pengalaman waktu Karisma les gambar di global art yang agak jauh atau les renang kemarin , kita agak males nganterin...hehe...
Akibatnya hanya berjalan masing-masing enam bulan.
Untuk les piano itu idealnya manggil guru ke rumah, tapi saya belum punya piano, adanya elekton mainan yang gak bagus....
Jadi stepnya kan saya harus beli piano dulu baru manggil guru privat ke rumah....
Saya belum punya duit, piano bekas aja harganya belasan juta, nampaknya harus terlupakan dan hanya angan-angan...
Tahu sendiri kan rumah saya agak di desa, fasilitas pendidikan sangat kurang.
Karisma sekarang hanya les Bahasa Inggris sampai sekarang itupun karena ada di dekat rumah,
Anak-anak sebenernya pingin les balet, saya pinginnya les tari jawa dan Bali, ada sih tapi di pendopo Sidoarjo atau di gentengkali Surabaya, tapi kalo di Surabaya terlalu jauh, sudah capek sepulang kerja, dan kalo sabtu minggu pengennya refreshing jalan-jalan aja....

Ternyata semua berubah, dua bulan kemarin secara tidak sengaja sepupu saya menawarkan les piano di rumahnya, dia baru buka les piano , bukan cuma menawarkan tapi lebih ke memaksa
"Pokoknya mbak, jangan mbok tunda lagi, aku gak mau tahu hari minggu pagi besok anakmu bawaken ke rumahku, dan aku gak mau kalo cuma tiga bulan enam bulan,jangan alasan gak bakat terus diputus lho, minimal dua tahun anakmu anterin di rumahku, apa perlu tak jemput...."
Begitulah akhirnya anakku les piano di Oom Kokok setiap minggu pagi...


Minggu pertama Karisma mulai dengan pelajaran dasar, mengenal not balok dan sense ketukan, dia sudah diajar main lagu Mary Had A Little Lamb. Beda dengan les musik lainnya yang di tahun pertama hanya diajar not balok dan diajar tempo, Karisma sudah disuruh praktek langsung dengan tangan kanan. Dan dia lumayan bisa ngikutin
Oktober ini rencananya akan diikutkan ujian

Beda dengan kakaknya, Wita masih sukar dikendalikan
Minngu pertama les piano dia tidur di atas piano
Minggu kedua dia sembunyi di bawah piano
Akhirnya terpaksa dia diajar membaca sama tantenya, dan ternyata anak saya yang gak bisa diam itu takluk sama tante Pipit.
Kebetulan di sana juga ada kursus membaca , menggambar dan jarimatika
Jadi pas deh...

Si Wita sekarang sudah mulai bisa membaca, bisa nulis lagi, didekte dua suku kata
Pokoknya tante Pipit jago deh menaklukkan Wita. Dia yang biasanya cuma bisa diam lima menit (Wita bisa diam, bahkan lebih dari satu jam hanya bila sedang menggambar atau sedang nonton film, dia bisa konsentrasi sangat lama), sekarang bisa belajar lebih dari 30 menit.

Dengan catatan asal jangan ada orang tuanya, jadi saya dan suami saya biasanya jalan-jalan di sekitar perumahan situ, makan berdua, kebetulan di dekat rumah sepupu saya itu ada pasar kaget yang cuma ada pagi hari. Kadang saya cuma duduk ngobrol berdua deket pedagang-pedagang, paling sering di depan penjual ikan hias, soalnya tempatnya dingin... Pasti diamatin orang ... haha... kaya orang lagi pacaran... Soalnya duduk dempet berdua, jalan gandengan berdua.... Dan cuma nongol hari Minggu....


Tentang Wita lagi, Wita juga sangat bertanggung jawab dengan tugasnya, selalu ada PR menulis dan membaca, dan dia tidak pernah lupa mengerjakannya tanpa disuruh

Begitulah....
Akhirnya Si Wita les membaca, sementara, sampai dia bisa dikendalikan untuk les piano...
Dan saya tak sabar menunggu denting piano itu mengalun di rumah........





19 comments:

Mulan Nukir said...

Emang menyenangkan, rasanya.
Apalagi kalu kelak berhasil.
Wuihh, ngalahin bagapnya.
Gemana, tuh?

Nadia Sungkar said...

Penting, Mas.
Itu semua penting.
Good Luck!

Onggo Winangsit said...

Mas, menarik sekali.
Ma kacih.
Lam kenal.

Heri Fauzan Suheri said...

duh sibuknya jadi orang tua....
gmana ya nanti ketika ane udah jadi orang tua pasti makin banyak aja yang mesti di urusin...

Salam kenal ...
Refleksi Calon Proses Engineer

aris said...

salam kenal,
need IT??
http://www.linovtech.com

rental mobil murah said...

artikelnya bagus sekali, jadi penting banget ngajarin anak musik, tari, bahasa inggris ataupun lainnya karena kalau mereka sudah lakukan sejak dini gampang sekali untuk diserap, terima kasih

Bunglon Blog Indonesia said...

wah kebetulan saya juga seneng belajar maen piano mas, tapi saya cuma yg digital itung² buat belajar dl hehe
Sukses Slalu!

Komputer Terbaru 2010 said...

thnks infonya sob..bermanfaat banget sob..keren nich blognya..happy blogging yah sob..sering-sering buat artikel bermanfaat sob yah..kasih tau saya juga dengan berkomment di blogku..buat nambah ilmu..sukses selalu..

wedhatama said...

hahaa
pengalaman yg baik

Harryrf said...

http://www.menumu.co.cc [MENUMU]

http://www.kumpulan-widget.co.cc [Kumpulan widget blog]

Tukeran link oom.
Link anda sudah masuk di Blog2 saya.

kasato said...

terima kasih infonya

bali photographer said...

tulisannya menginspirasi saya, makasi yaaa

roy said...

sip sip

Prasetyo said...

Artikelnya mantap gan. Gw tunggu kunjungan baliknya di http://freetemauntukhp.blogspot.com

souvenir pernikahan said...

jadi kepengen juga les piano...

hasan said...

blog yang mnarik brow,...

busana muslim modern said...

emang musik piano dahsyat mas
penuh dengan emosional, bahkan kalau kita lagi pusing dan terus dengerin musik piano
wah jadi tenang lagi tu
makanya bagus buat anak2

Resa said...

blogwalking mba...

tukeran link yuk sama pr 2.. di tunggu ya persetujuannya

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

wah asyik bisa maen piano