Pengaman E-Banking

Jurus Aman Menggunakan Layanan e-Banking
Jakarta - Aksi penipuan melalui internet dengan menggunakan situs aspal (asli tapi palsu) makin marak terjadi belakangan ini. Beberapa bank ternama di Indonesia sudah menjadi korbannya.

Penjahat cyber menggunakan tampilan situs yang nyaris mirip dengan situs asli sebuah bank atau situs finansial untuk mengelabui korban menginputkan data-data penting seperti username dan password.

Jangan sampai Anda masuk perangkap phisher. Simak jurus menggunakan layanan online banking secara aman, yang diramu detikINET dari Infotech Indiatimes, Selasa (5/2/2008).

Cek URL Situs

Cek selalu URL situs bank Anda. Para penjahat cyber biasanya memikat korban untuk memasukkan username dan password ke situs palsu yang menyerupai situs resmi bank Anda. Jika Anda melihat suatu hal yang aneh, selain dari situs resmi bank Anda, bisa jadi situs tersebut palsu.

Jangan pernah memasukkan username atau password dan data sensitif lainnya tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa Anda berada di situs yang benar. Satu lagi yang paling penting, usahakan selalu mengetik alamat situs bank Anda langsung pada browser, jangan pernah mengklik link yang ada dalam e-mail.

Update Sistem

Cek selalu update keamanan sistim operasi Anda. Pastikan sistim operasi dan browser Anda sudah diinstal dengan patch keamanan terbaru dari sumber terpercaya. Kalau perlu, pakailah firewall untuk mencegah hacker mencuri hak akses komputer Anda, khususnya jika Anda terhubung ke internet dengan menggunakan kabel atau model DSL.

Ganti Password

Gantilah password online banking Anda secara berkala. Hindari kode password yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon. Jika perlu, gunakan password yang terdiri dari huruf abjad dan angka.

Jika Anda mempunyai beberapa rekening bank, jangan pernah gunakan password online banking yang sama untuk semua rekening. Jangan pernah pula menyimpan username dan password Anda di browser karena kemungkinan bisa di-crack hacker.

Cek Kebijakan Privasi Situs Bank

Beberapa bank saat ini sudah mempersenjatai sistim internet banking mereka dengan sistem keamanan yang lebih aman. Misalnya, jika Anda mentransfer uang secara online ke rekening lain dalam jumlah lebih besar, biasanya Anda akan diminta untuk menginputkan sebuah password tertentu. Beberapa bank membutuhkan password untuk memvalidasi transaksi berjumlah besar.

Pastikan pula bahwa alamat situs bank tersebut diawali dengan 'https', yang menandakan bahwa situs tersebut benar-benar "secure", karena telah dilindungi oleh teknologi enkripsi data (SSL).

Cek 'Last Logged In'

Umumnya terdapat panel 'last logged in' di situs bank. Cek panel tersebut setiap kali Anda login. Jika tiba-tiba muncul peringatan bahwa Anda tidak berwenang mengakses, misalnya Anda baru login ke situs itu 2 hari lalu, namun di panel tercatat bahwa Anda terakhir login tadi pagi, segera laporkan ke bank Anda dan ganti password tersebut.

Jangan lupa untuk selalu klik tombol 'exit' atau 'sign out' setelah masuk ke portal online banking Anda. Tutup pula browser tersebut untuk memastikan bahwa session Anda telah diterminasi.

Jangan Tinggalkan PC

Jangan pernah tinggalkan PC jika Anda telah menginputkan informasi transaksi online banking di situs. Sebisa mungkin hindari mengakses layanan online banking di warnet atau komputer publik. Hindari pula mengakses layanan online banking melalui koneksi Wi-Fi, jika privasi dan keamanannya kurang.

Hindari Mengisi Data Penting dalam Form

Hindari mengisi form yang ada dalam e-mail yang meminta informasi keuangan, seperti nomor rekening atau kartu kredit. Apalagi jika Anda diminta menginputkan username, password, nomor debit dan kartu kredit bank Anda.

Perlu diingat, petugas bank tidak pernah meminta nasabahnya untuk mengisi username, nomor kartu kredit ataupun password di sebuah form. (sumber:detikinet)

30 comments:

IBNU said...

Wah saya e-Banking nggak punya mbak

infopemula said...

tips-nya bagus mba...
semoga beneran jadi lbh aman ya

IHSAN said...

terima ksih ya tipnya

bisa lebih hati2 lagi nih

640-721 said...

saya ijin bookmark situs ini.
thnks info nya mas..

terjemahan said...

waduh, harus hati2 nih

astaga.com lifestyle on the net said...

Jangan pernah memasukkan username atau password dan data sensitif lainnya tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa Anda berada di situs yang benar. Satu lagi yang paling penting, usahakan selalu mengetik alamat situs bank Anda langsung pada browser, jangan pernah mengklik link yang ada dalam e-mail.

bener ini syarat pentingnya berbahaya sekali kalau klik link dari email. karena alamat situsnya mudah dipalsu

Narutopedia Manga Chapter - Full Preview Naruto Series said...

Read Online Manga Naruto complete series along with updated chapters each week and downloaded freely to determine the plot of the exciting

mangdeska said...

Yang paling aman bertransaksi ebanking dengan bank apa mbak

pt indonesia said...

Saya juga dulu hampir terjebak, soalnya tampilannya mirip. ternyata itu situs phising.

Harus lebih berhati-hati

bebek potong said...

Nice tips... thanks.

counter baju anak said...

info yg sangat penting buat saya karena saya adalah pelaku bisnis toko online.Jadi membantu kita utk waspada. thanks ya sharingnya

Yan said...

Masih belum mengintegrasi ke IB mbak..

fauzi85 said...

saya punya e-banking tapi ga terlalu penting coz bukan bisnis man hehe tapi nice info neh,,,,thankz yua

Dewi said...

ini nih buat masukan untuk bank, bagaimna membuat nasabh merasa nyaman dan man, secure nya harus lebih ditingkatkan...

Blogger Bodoh said...

Kayaknya perlu ati2 nich ....
thankz atas sarannya yach

flawless skin said...

thanks for your info :)

mazd3d1 said...

hati2 saja biar ga kecolongan
terima kasih infonya

Jamaah Blog Sehat said...

Terimakasih atas infonya dan tipsnya..

jasa company profile said...

masukannya okay
buat jaga2

Lowongan Kerja CPNS said...

emang rawan kalo pake e-banking, harus rajin2 ganti password. Thanks atas tipsnya bos,

wicker said...

Tips2 seperti ini harus disebarluaskan karena sangat bermanfaat... Emang dari dulu sampe sekarang yang namnaya maling itu biasanya lebih pintar dari yang dimalingin..

toko kado said...

bener tuch, cuma ane sndr malas ganti2 pin, nanti jadi lupa pula : )

Artis Sexy said...

tipsnya keren....

haruz lebih hati2 nih. . . . :)

xamthone said...

mantap juga nie sangat menarik nie......

Duwitmu | Mengelola Keuangan yang Sehat said...

Cek disini ATM yang bebas biaya transaksi.

alat pengusir tikus said...

"Sebisa mungkin hindari mengakses layanan online banking di warnet atau komputer publik. Hindari pula mengakses layanan online banking melalui koneksi Wi-Fi, jika privasi dan keamanannya kurang."
Saya setuju, sebab di tempat umum itu, sering dpasang keylogger, shg mrk bisa tau smua yg kita ketik.
Ada tips browsing menggunakan fasilitas umum: sediakan file text notepad yg berisi password kita, pada saat mengisi password, kita bisa copy paste dr text file notepad tsb.
sukses buat admin

Bambang Riwanto said...

Bagus informasinya, tapi lebih bagus lagi jika conten nya di perbanyak lagi,

also visit my site at : www.eurasianinfoleague.info

thanks

Shinchanpoker said...
This comment has been removed by the author.
Shinchanpoker said...

ShinchanPoker adalah merek hiburan online yang fokus untuk menawarkan produk game Texas Hold’em Poker dengan target pasar Indonesia.Produk kami berjalan bersamaan dengan promosi yang jujur dan transparan serta dengan staf-staf pendukung kami yang memastikan bahwa dengan bermain di ShinchanPoker, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain Poker yang terbaik.

Segera bergabung bersama kami dengan melakukan pendaftaran di web kami. Tidak lupa kami tawarkan bonus referensi hingga 15% untuk member kami yang mereferensikan game Poker kami kepada teman atau kerabatnya. Serta akan ada Bonus-bonus istimewa kami selain bonus-bonus utama kami.

Untuk Pendaftaran, Proses Transaksi, dan Info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami di Layanan 24 Jam kami yaitu :
1. LiveChat yang ada di Web www.shinchanpoker.com
2. Yahoo Messenger : cs.shinchanpoker
3. Yahoo Messenger : cs1.shinchanpoker
4. Pin Blackberry : 2B94EE88
5. Wechat : shinchanpoker
6. Line : shinchan.poker

kunjungi website alternatif kami di : bit.ly/shinchanp0ker

kue ulang tahun di surabaya said...

makasih tipsnya.
jd bisa lebih hati2 karena sering pake wifi di area umum.
sukses buat admin..