Kersen, Obat Asam Urat

Tahukah anda bahwa kersen bisa jadi obat asam urat?

Kersen (Muntingia Calabura L. )atau Talok atau Keres ( bahasa Jawa), atau bahasa Inggrisnya Jamaica Cherry ternyata bisa jadi obat asam urat.




Muntingia Calabura L.

Klasifikasi

Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Ordo : Malvales
Familia : Elaeocarpaceae
Genus : Muntingia
Spesies : Muntingia calabura L.

Lebaran yang lalu, di rumah eyang seperti biasa selalu terdapat makanan yang berbahaya buat orang tua, seperti kacang bawang dan emping melinjo.
Yang saya heran, hampir semua kerabat yang tua, termasuk ibu saya dan oom-oom saya tuh gemar sekali makan kacang dan melinjo.
Pasalnya mereka pengidap asam urat akut.
Oom saya, Oom Hari dan OOm Bambang malah sering bengkak kakinya dan gak bisa jalan.
Jadi kalo ada si emping dan kacang pasti ibu saya berlagak nawarin, terus berlagak nyembunyiin. Lagian ngapain barang itu selalu dengan bangga disajikan di meja.

Kalau kondisi sudah agak parah, oom-oom saya pasti menolak.
Mereka juga mulai berpantang macam-macam.
Tapi kali ini lain,
Oom Hari dengan bangga pamer makan si emping melinjo dengan kalap.
yang lain udah pada ngingetin, termasuk saya," Udah jangan makan itu, nanti penyakitnya kumat lho..."
Tapi malah pamer, " Tenang aja sekarang gak mungkin sakit lagi. Makan apa saja boleh."
Sombong amat si oom...

Kemudian keluarlah cerita:
Beberapa minggu lalu Oom Hari lagi kumat asam uratnya. Seperti biasa kakinya bengkak dan jalannya 'dingklang'.
Waktu itu Oom Hari sedang berada di rumah adik sepupu saya.
Kok ya kebetulan ada ibu-ibu yang lewat depan rumah.
Dan ngobrollah tante saya dengan ibu tak dikenal itu, termasuk cerita asam urat oom saya. Biasa ibu-ibu, sok akrab begitu walaupun gak kenal.

Tak diduga ibu yang lewat depan rumah itu kasih tahu," kalo sakit asam urat, gampang..., makan keres aja. Makannya harus ganjil." Kira-kira seperti itu conversationnya.

Kebetulan di depan rumah adik saya itu ada pohon keres.
Akhirnya mulailah oom saya makan keres, sekali makan 9 butir, tiga kali sehari.
Ajaibnya besoknya bengkak di kaki hilang dan sudah bisa jalan normal.
Selama tiga hari berturut-turut oom hari makan 9x3 buah per hari.
Setelah itu tidak makan lagi. tapi kalau habis makan makanan berbahaya langsung disambung dengan beberapa butir buah keres (tapi harus ganjil: 3 atau 5 atau 7 atau 9, gitu deh - itu sebenernya kepercayaan orang jawa, tapi manut saja)
Itu berlangsung sampai sekarang. Dan sakit asam urat oom hari tidak pernah kumat walaupun sering makan yang berbahaya.

Di Filipina bunga kersen digunakan untuk ramuan infus untuk menghilangkan pusing kepala, pilek, dan sebagainya.


Saya coba cari jawaban ilmiah zat apa yang terkandung di dalamnya yang bisa mengobati asam urat.
Tapi yang saya dapat hanya ini:
bahwa kandungan Setiap 100 gr bagian buah Kersen yang dapat dimakan kira-kira menggandung: 76,3 gr air, 2,1 gr protein, 2,3 gr lemak, 17,9 gr karbohidrat, (0 gr serat, 1,4 gr abu, 125 mg kalsium, 94 mg fosfor, 0,015 mg vitamin A, 90 mg vitamin C. Nilai energinya 380 kJ/100 gr.


He..he..
Ternyata saya bukan dokter tapi sok pinter...
Saya gak ngerti kandungan kersen di atas apa memang cocok untuk obat asam urat.
Karena di data obat asam urat atau gout obat yang dipakai adalah Kolkisin dan Allopurinol

Penyakit asam urat adalah suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah (hiperurisemia).








Peradangan sendi bersifat menahun dan setelah terjadinya serangan berulang, sendi bisa menjadi bengkok.

Penyakitnya sendiri tidak bisa dicegah, tetapi beberapa faktor pencetusnya bisa dihindari (misalnya cedera, alkohol, makanan kaya protein).

Untuk mencegah kekambuhan, dianjurkan untuk minum banyak air, menghindari minuman beralkohol dan mengurangi makanan yang kaya akan protein.

Banyak penderita yang memiliki kelebihan berat badan, jika berat badan mereka dikurangi, maka kadar asam urat dalam darah seringkali kembali ke normal atau mendekati normal.

Pengobatan

Langkah pertama untuk mengurangi nyeri adalah mengendalikan peradangan.

Pengobatan tradisional untuk gout adalah kolkisin.

Biasanya nyeri sendi mulai berkurang dalam waktu 12-24 jam setelah pemberian kolkisin dan akan menghilang dalam waktu 48-72 jam.

Kolkisin diberikan dalam bentuk tablet, tetapi jika menyebabkan gangguan pencernaan, bisa diberikan secara intravena.

Obat gout / obat asam urat ini seringkali menyebabkan diare dan bisa menyebabkan efek samping yang lebih serius (termasuk kerusakan sumsum tulang)

Allopurinol merupakan obat yang menghambat pembentukan asam urat di dalam tubuh.

Mungkin dalam kersen terdapat zat yang berunsur Kolkisin atau Allopurinol.
(kalau belum ada penelitian untuk itu, bisa jadi judul thesis, disertasi atau karya ilmiah,... hehe...)
Karena saya lihat sendiri hasilnya sangat manjur, dan .... murah meriah
Silakan coba!

35 comments:

Dita said...

Trims infonya

firta said...

@dita: oke

pengobatan asam urat said...

Terima kasih atas infonya....

firta said...

@pengobatan asam urat : terima kasih kembali. Coba saja, insyaallah sembuh

aryani said...

BAGUS,,,,,aq lg mau neliti ini buat skripsi....jd butuh bgt nh...blh tau dpt artikel ini dari man??makasih sblmnya......

640-460 said...

semoga sukses selalu

Wisata SEO Sadau said...

info menarik mas..
trims.

rusli zainal sang visioner said...

Na,, bingung gw Ni mbak atw mas si?
Mbak, ni jenis tanaman apa, klo di sumatera namany ap?

testking 220-601 said...

wow it is good post.....saya ijin bookmark situs ini.

Skripsi Proposal said...

Nice artikel,,,makasih infonya,,,

Gadget Tasikisme said...

Baru tahu kalau Kersen atau Muntingia Calabura L. ternyata banyak sekali manfaatnya. Padahal tiap hari lihat pohonnya di alun-alun kota, he..he...

Cara Mendownload Video Youtube said...

Kersen, buahnya kecil namun khasiatnya besar. Ternyata sesuatu yang besar tidak harus dimiliki oleh yang besar, yang kecilpun bisa memiliki arti dan manfaat yang besar.

Miss Gadget said...

Kecil namun menyehatkan dan banyak sekali manfaatnya..

notebook centre said...

ternyata sangat berkhasiat juga ya kersen, kirain cuman buah semak biasa, syukurlah, dengan konsumsi makanan herbal kita akan mendapat efek samping yng sedikit atau hampir tidak ada

Free recipes said...

sip kang infonya, sangat berguna dan membantu untuk penykit keluarga saya,

phone reviews said...

sewaktu masih sd saya sering metik pas jam istirahat sekolah, ternyata ada khasiat untuk obat ya, tak menyangka

jogjashoppingcenter said...

wow ini buah kesukaan saya sewaktu kecil,bisa juga dijadiin obat nih, makasih infonya ya

rental mobil murah said...

terima kasih banyak nih buat infonya sangat bermanfaat sekali...

Baju anak online said...

wah oke juga tuh infonya.orisinil..layak disebarluaskan siapa tau banyak yg berhasil.thank ya

baja ringan said...

Tks informasi, sgt berguna bagi sy. Salam kenal...

solar panels said...

makasi informasinya gan

freeupdown said...

makasih mba infonyah...
keep sharing...
:)

Anonymous said...

berapa kalorinya?

herbal kanker said...

Baru tau...maksudnya buah kersen khan yang pohonnya rindang?

sinma68 said...

Terima kasih ya infonya berguna sekali, tapi di sekitarku ga da, kersen padahal ortu juga lagi kambuh nih asam uratnya.

obat tradisional kanker serviks said...

infor masi yang sangat bermanfaat,,,
emang banyak yang sering kita jumapai ternyata memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Bola Tangkas said...

wow informatif sekali... thanks for sharing

jauhari mk said...

Terimakasih sharing ilmunya.
Menambah wawasan dan sangat berguna bagi saya.
Terimakasih

obat tradisional leukimia/kanker darah said...

waaah makasih banyak nih infonya...
sangat bermanfaat sekali...

Cara Mengobati Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami said...

owhh,,bisa ya ternyata mengobati penyakit asam urat,,tapi gan coba pake gambar kersen nya biar tahu,,
kunjungi juga web saya nih gan tentang obat herbal dari teripang termasuk bisa nyembuhin asam urat..
terima kaisih

Anonymous said...

selain kersen bisa juga pake jelly dari teripang emas, info lebih lanjut bisa buka site ane. . .

Obat Alami Jelly Gamat Gold G said...

selain kersen bisa juga pake jelly dari teripang emas, info lebih lanjut bisa buka blog ane. . .

Self Health Care said...

Nice info nih. keep going to write more nice article dude

Fadhil Faiz said...

terima kasih atas infonya gan

surya maulana said...

sikecil yang ternyata banyak khasiatnya