Obama Rindu Bakso

Sudah baca koran Jawa Pos atau Kompas hari Rabu, tanggal 26 Nopember 2008?
Di halaman depan terpampang besar foto Barrack Obama.
Beritanya Mr. Obama sedang menelpon Presiden SBY ketika Presiden transit di Seattle, sekembali dari menghadiri pertemuan APEC di Lima, Peru.
”Saat saya undang untuk datang ke Jakarta saat APEC Summit di Singapura tahun depan, beliau mengatakan, ’datang ke Indonesia sangat penting. Selain untuk meningkatkan kerja sama, juga untuk menikmati bakso, rambutan, dan nasi goreng’,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Wah,.... Mr Obama kangen makan nasi goreng, bakso dan rambutan.

Di Amerika itu ada lho bakso ala amerika yang biasa disebut meat ball.
Tapi ya jelas gak seenak bakso bikinan orang wonogiri yang membuat Mr. Obama kesengsem
Karena meat ball itu lebih higienis, paling nggak buatan pabrik ternama dan terbuat dari bahan pilihan.
Sedangkan bakso buatan orang wonogiri (menurut info, tukang bakso yang ada di Jakarta sebagian besar berasal dari Wonogiri) jelas mengandung unsur yang lebih beragam.
Coba saja , selain daging (bercampur lemak, tentu saja), ditambah tepung sagu dengan perbandingan dua kali lipat, bawang putih, dan penyedap rasa yang jumlahnya bisa satu ons untuk dua kilo daging. Belum lagi sekarang lagi ngetren diberi campuran borax agar bakso yang ada lebih kenyal



Proses membuatnya juga mencengangkan
Bahan-bahan itu dicampur jadi satu dengan menggunakan alat giling khusus. Dalam proses tersebut perlu ditambahkan es batu yang terbuat dari air mentah. (ya memang, masak pabrik es mau masak air dulu)
Sesudah itu adonan tadi mulai dimasak.
Begini caranya:
Panaskan air dalam panci agak besar
Letakkan adonan dalam satu wadah. Buka telapak tangan kiri. Ambil sesendok besar adonan. Genggam adonan dengan tangan kiri tersebut. Genggam agak keras sampai keluar bulatan di antara ibu jari dan telunjuk. Ambil bulatan adonan itu dengan menggunakan sendok dengan tangan kanan. Masukkan ke dalam air yang akan didihkan.
Kalo bakso tenis, ya adonannya dikepal-kepal dengan tangan dan dibentuk sebesar bola tenis.

Begitu caranya bikin bakso dengan manual. Rada jorok ya, tapi semakin jorok semakin enak, plus tetesan keringat yang mengandung garam alami. Aduhai rasanya....

Tapi jangan khawatir Mr Obama, kalau anda ingin bakso ala Indonesia, pihak istana akan membuatkan bakso super istimewa yang super lezat juga.... Walaupun tidak selezat seperti kalo nongkrong di kaki lima...



(nulis sambil mabok... hehe..)

12 comments:

hanggun said...

Manusia itu Berpikir dan Bertindak seakan-akan lebih pintar dari Tuhannya... Bangga dan Berbuatlah semaumu sayang... tetap saja kita makhluk yang lemah dan terbatas... jadilah dirimu sendiri sekehendak hatimu karena itu hakmu... tetapi ingatlah semua akan ada balasannya... siapa menanam dia yang menuai... salam kenal, harun, hantaliandy@yahoo.co.id

firta said...

@hanggun: Apakah itu nasehat buat saya? Terima kasih ya...
Tidak ada maksud sedikitpun untuk menyinggung tukang bakso, karena saya adalah penggemar bakso. Apakah anda tukang bakso???

Equal Life said...

Mr. Obama masih ingat dan menghargai sama makanan asli Indonesia, semoga memberi inspirasi dan semangat buat kita untuk terus berusaha meningkatkan kepercayaan diri terhadap produk original bangsa. Maju terus abang tukang bakso.

Belajar SEO Para Pemula said...

mungkin lidah nya obama masi cocok sm masakam abang2 tukang baso dr pada makanan keju, pizza, burger, spageti, dsb.

he,eee

Narutopedia Manga Chapter - Full Preview Naruto Series said...

Read Online Manga Naruto complete series along with updated chapters each week and downloaded freely to determine the plot of the exciting

grosir baju anaK said...

mR. obama masih ingin bermanja manja dengan abang tukang bakso haha

Anonymous said...

ah barack obama lagi pengen baso,,
tuh mama gue jualan baso mu p-esan gak ni,??? kalo mu pesan silakan aja hubungi 013

Ebook Shalat Sempurna said...

Ada2 ada ajah obama..

obat kanker payudara said...

mmmmmmzzz...ngomongin bakso jdi pengent siang'' gini mkan baksoo

obat tradisional lemah syahwat said...

bakso bisa membuat obama kangen,,hee

fanny xiee said...

Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
Sukses selalu untuk anda

kunjungi web kami untuk menambah ilmu
www.168sdbet.com
terima kasih

Anonymous said...

Emang hampir semua orang suka dengan bakso.Mari makan bakso !!